Richard Sualang: Pemimpin itu Harus Berdasarkan Pancasila, Bisa Dengar Pendapat Orang Lain

oleh -122 Dilihat
Richard Sualang saat menyampaikan materi

Manado, Vox Sulut.Com – Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang mengatakan, untuk menjadi seorang pemimpin itu harus bisa mendengarkan pendapat orang lain. Menurutnya, dengan mendengarkan masukan dan pendapat dari orang lain seorang pemimpin itu bisa membuat bawahannya mencapai potensi maksimal dalam dirinya.

Hal tersebut dikatakan Sualang dalam kesempatan menjadi narasumber pada kegiatan Suara Demokrasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema The Integrity Of A Young Leader, di SMP Kristen Eben Haezar 1 Manado, Jumat (19/8/).

Sualang mengibaratkan seorang pemimpin harus berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Turunannya yaitu, pemimpin harus memahami asal suku, bangsa, etnis, dan agama.

“Ketika torang jadi pemimpin, harus berdasarkan Pancasila, harus bisa mendengar pendapat orang lain, torang juga harus bisa mengetahui kemampuan setiap orang itu berbeda-beda, torang juga harus memahami asal suku, bangsa, etnis dan agama. Ini yang harus torang pahami ketika menjadi pemimpin, itulah demokrasi,” ujar Sualang yang juga menyandang gelar seorang dokter ini.

Baca juga  Paskibraka Manado 2021 Jalani Karantina

Sualang menyarankan kepada anak didik, agar bisa menjadi seorang pemimpin yang bisa membawa pengaruh positif dalam likungannya.

“Sesuai tema kali ini, para anak didik ini pasti pernah mendengar bahwa pemimpin itu dilahirkan, ada juga pemimpin itu ditempa. Tapi dari kita menyarankan adik-adik sekalian menjadi diri kalian masing-masing, untuk menjadi pemimpin yang positif,” tukas Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Manado di hadapan para siswa.(vsc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.