Dokter Octavianus Umboh Promosi Kesehatan Menjaga dan Memelihara Kesehatan Ginjal

oleh -125 Dilihat
Promosi Kesehatan RSUP Prof Kandou Manado

Manado, VoxSulut.com – Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado yang dikomandoi dr. Sekplin Sekeon, Sp.S,MPH bekerjasama dengan Divisi Ginjal Hipertensi KSM Ilmu Penyakit Dalam melaksanakan kegiatan Edukasi Kesehatan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ginjal Sedunia dengan tema “Ginjal Sehat untuk Semua” yang diperingati pada Kamis, 10 Maret 2022.

Kegiatan Edukasi ini menghadirkan narasumber dr. Octavianus Robert Hentje Umboh, Sp.PD (K) dengan materi “Kesehatan Ginjal Bagi Semua”.

Pelayanan edukasi kesehatan oleh IPKPRS Prof Kandou Manado

Hal ini untuk kita lebih memahami bagaimana kita bisa harus menjaga dan memelihara Kesehatan Ginjal yang Lebih Baik. Dokter lulusan FK Unsrat ini mengatakan Ginjal adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk, tepatnya di kedua sisi tulang belakang. Organ ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk tubuh. Dimana kedua ginjal berfungsi untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini kemudian disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urine.

Baca juga  Kepala BNPT: Indonesia Negara yang Menghargai Kemajemukan

Selain itu, ginjal juga mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Karena fungsinya yang sangat penting, menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuh akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.Dokter Octa juga memberikan Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Cukupi Kebutuhan Air, Makan Makanan Seha, Perhatikan Tekanan Darah, Jangan Merokok atau Minum Alkohol Berlebihan serta menjaga Berat Badan Ideal.
Itulah beberapa tips menjaga kesehatan ginjal secara sederhana yang bisa dilakukan. Ucap dokter yang juga sebagai anggota IDI.

Usai materi oleh Narasumber kesempatan tanya jawab langsung dimanfaatkan oleh 3 orang pasien/keluarga pasien yang mengikuti edukasi kesehatan dengan bertamya terkait dengan kesehatan Ginjal dan bahkan diantara salah satunya adalah pasien yang sedang melakukan Haemodialisa. Semua pertanyaan langsung dijawab dengan baik oleh dr. Octa sambil mengajak kepada semua peserta untuk tetap menjaga kesehatn Ginjal dengan mencukupi kebutuhan air minum, makan makanan yang sehat, Memperhatikan tekanan darah tidak merokok dan minum alkohol yang berlebihan serta menjaga berat badan yang ideal. Dan sebagai bentuk apresiasi kepada setiap peserta yang aktif dalam mengikuti materi khususnya yang mengajukan pertanyaan diberikan gimik oleh Tim Promkes berupa Masker. Dan handsanitaizer.

Baca juga  DPC PDI Perjuangan Manado Utus Tim Pemenangan Ikut Pelatihan Nasional di Bogor

Menutup kegiatan dr. Henny Ruth Liwe, M.Kes selaku ketua Unit Operasional Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Kandou mewakili manajemen menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksenya kegiatan edukasi ini. Dan tak lupa tetap memberikan memotivasi Bagi psien dan keluarga pasien serta berharap agar edukasi ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan tentang kesehatan ginjal pungkas dr. Henny. (andre)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.